Statistik Mata Pencaharian

  1. Secara umum mata pencaharian warga masyarakat Desa Gunung Sari dapat teridentifikasi ke dalam beberapa bidang mata pencaharian, seperti : petani, buruh tani, PNS/TNI/POLRI, karyawan swasta, pedagang, wiraswasta, pensiunan, buruh bangunan/tukang, peternak. Jumlah penduduk berdasarkan mata pencaharian dapat dilihat pada Tabel 3.
  2. Berdasarkan tabulasi data tersebut teridentifikasi, di Desa Gunung Sari jumlah penduduk yang mempunyai mata pencaharian ada 49,257 % Dari jumlah tersebut, kehidupannya bergantung di sektor pertanian, ada 8,953 % dari total jumlah penduduk.
  3. Jumlah ini terdiri dari buruh tani terbanyak, dengan 28,77 % dari total jumlah penduduk. Petani sebanyak 23,68 % dari jumlah dari total jumlah penduduk. Karyawan Swasta dengan 12,51 % dari jumlah dari total jumlah penduduk. Sementara penduduk yang lain mempunyai mata pencaharian yang berbeda-beda, ada yang berprofesi sebagai PNS, TNI, POLRI, pedagang, karyawan swasta, sopir, wiraswasta, tukang bangunan, dan lain-lain

Dari data tersebut diatas menunjukkan bahwa warga masyarakat di Desa Gunung Sari mata pencaharian terbesar adalah sebagai buruh, baik itu buruh tani ataupun buruh harian lepas yang lain.