Potensi

Potensi sumber daya yang tersedia di Desa Gunung Sari paling strategis dan yang memungkinkan untuk digunakan dalam pembangunan meliputi :

  • Potensi Sumber Daya Alam

Budidaya pertanian sawah seluas 84,090 ha dengan sumber air yang cukup

  • Potensi Sumber Daya Manusia
  1. Jumlah tenaga kerja 2817 orang dari jumlah penduduk sebanyak 3892 orang dengan tingkat pendidikan minimal tamat SD/sederajad sampai tamat S1 sebanyak 2105 orang
  2. Potensi keahlian yang bervariasi
  3. Sifat gotong-royong yang masih terpelihara cukup baik
  • Potensi Sumber Daya Kelembagaan
  1. Pemerintah Desa : 15 orang
  2. Badan Permusyawaratan Desa : 11 orang
  3. Lembaga Kemasyarakatan, antara lain:
    1. LPMD
    2. RT, RW
    3. PKK
    4. Karang Taruna
    5. Kelompok Tani dan Gapokta
    6. Dasa Wisma
    7. Posyandu
    8. Posbindu
    9. TPK, KPMD, Tim Pemelihara, Tim Monitoring
    10. Kelompok Pemuda dan Olah Raga
    11. Kelompok Kelompok Pengajian
  1. Lembaga Ekonomi, antara lain:
  • Industri makanan :   1 unit
  • Warung :   7 unit
  • Angkutan : 30 unit
  • Usaha Peternakan :  6  unit
  • Kelompok SPP :   – unit
  • Pracangan : 79 unit
  • Pedagang : 39 unit                                                                                                                                          Potensi Sosial Budaya
  1. Kondisi Sosial Penduduk

Kehidupan sosial budaya masyarakat Desa Gunung Sari sebagian besar diwarnai oleh bahasa Madura dan budaya yang bernuansa Islami. Namun demikian hubungan dengan suku dan agama lain cukup harmonis, yang ditandai dengan suasana hubungan sosial yang damai dan saling menghormati baik antar etnik maupun antar pemeluk agama dalam kehidupan bermasyarakat.

Berdasarkan tingkat kesejahteraan penduduknya, warga desa Gunung Sari masih tergolong desa yang belum sejahtera mengingat sebagian besar penduduknya masih dalam kategori pra sejahtera, sebagaimana tabel berikut :

Jumlah Penduduk Berdasarkan Tingkat Kesejahteraan

N0 Keterangan Jumlah
1 Keluarga Pra Sejahtera 641
2 Keluarga Sejahtera I 234
3 Keluarga Sejahtera II 95
4 Keluarga Sejahtera III 341
5 Keluarga Sejahtera III Plus 948
Jumlah 2259

Sumber : Monografi Desa Gunung Sari Tahun 2014

  1. Kondisi Keamanan dan Ketertiban

Kondisi keamanan dan ketertiban di Desa Gunung Sari terjaga dengan baik, dengan keamanan yang dimiliki oleh Desa Gunung Sari berpotensi untuk lemah dalam penjagaan dikarenakan melemahnya ronda kampung. Ditambah lagi pos-pos kamling yang tidak berfungsi karena rusak dan tidak ada penerangan. Beberapa titik rawan belum ada pos kamling dan gelap.

  1. Kerukunan Umat Beragama

Sebagian besar Masyarakat Desa Gunung Sari beraga Islam namun demikian kerukunan antar umat beragama dapat terjaga dengan baik. Dengan banyaknya kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilakukan di Desa Gunung Sari sangat membantu dalam penerapan kerukunan antar umat beragama.

  1. Sarana dan Prasarana Olah Raga
  1. Tidak Ada.
    1. Kesenian

Kesenian yang ada di Desa Gunung Sari sampai saat ini yang masih aktif adalah kesenian Ludruk dan Hadrah, namun ada kesenian yang sudah lama berhenti. Berhentinya dari kesenian ini yaitu kesenian Patrol adalah dikarenakan kurangnya pembinaan serta fasilitas yang ada sudah rusak.

Kader Pemberdayaan Masyarakat di Desa Gunung Sari ada 2 orang yaitu 1 laki-laki dan 1 perempuan, dimana dengan adanya Kader Pemberdayaan Maasyarakat ini diharapkan mampu membantu desa dalam hal pemberdayaan.

  • Potensi desa yang lain

Desa Gunung Sari memiliki Jalan Lingkungan sepanjang ± 5 km, namun keberadaannya ada yang sudah di rabat/paving dan ada yang belum diapa-apakan tetap dari tanah dan licin, akses ke lahan pertanian hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki sementara lebar jalan memungkinkan untuk dapat dilewati oleh pengendara motor sehingga lebih mempercepat perjalanan ke lahan pertanian, Sungai sepanjang 4 km