PPID dan SAID

Peran informasi sangatlah penting bagi masyarakat, dalam lingkup desa keterbukaan informasi juga sangat diperlukan agar masyarakat luas dan khususnya masyarakat desa dapat mengakses informasi dengan mudah dan tanpa batas. Selain itu memperoleh informasi merupakan Hak Asasi Manusia sebagaimana diamanatkan dalam konstitusi yakni pasal 28F UUD 1945 yang berbunyi “Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengelolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia” dan di dukung dengan adanya langkah yang diambil oleh PBB untuk mengadopsi resolusi  (1) yang menyatakan “Keterbukaan informasi adalah hak asasi yang fundamental dan merupakan tanda dari seluruh kebebasan yang akan menjadi titik perhatian PBB”.

Keterbukaan informasi dalam lingkup desa dapat diimplementasikan melalui penerapaan SAID dan WEB desa.  Dalam hal ini mahasiswa KKN 081 Universitas Jember berperan untuk memberikan sosialisai mengenai SAID dan WEB desa. Sosialisasi ini berisi mengenai materi umum dan cara penggunaan SAID dan WEB desa. Hal ini dilakukan oleh mahasiswa KKN 081 Universitas Jember untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan perangkat desa Gunungsari di bidang SAID dan WEB. Sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 24 Juli 2018, 1 Agustus 2018 dan 8 Agustus 2018.

Untuk menjalankan SAID dan WEB desa, maka sesuai penjelasan pasal 13 ayat (1) Undang -Undang Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pasal  12 Ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Undang -Undang Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi Dan Dokumentasi Di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri Dan Pemerintahan Daerah, dan Peraturan Bupati Bondowoo Nomor 50 Tahun 2017 Tentang Sistem Informasi Dan Administrasi Desa. Sehingga untuk menunjang pelaksanaan SAID dan WEB desa, maka mahasiswa KKN 081 Universitas Jember membuat suatu progam kerja untuk memfasilitasi pembentukan PPID (Petugas Pengelola Informasi Desa). Maka pada tanggal  24 juli dilakukan sosialisai tentang PPID (Petugas Pengelola Informasi Desa), sosialiasi tersebut berisi mengenai apa itu PPID (Petugas Pengelola Informasi Desa), siapa saja anggota PPID (Petugas Pengelola Informasi Desa) dan apa saja tugas (Petugas Pengelola Informasi Desa). Dan hasil dari sosialisai itu dilakukan musyawarah pembentukan (Petugas Pengelola Informasi Desa) pada tanggal 24 juli  2018 dan dilakukan penandatangan surat kepala desa gunungsari tentang Petugas Pengelola Informasi Desa (PPID) Desa Gunungsari Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso pada tanggal 2 Agustus 2018. Surat kepala desa ini berisi pengangkatan Ahmad Mursyidi sebagai atasan PPID, Akhmad Saifur Rizal sebagai ketua PPID, Sunarso sebagai sekretaris PPID Abdul Razak Dan Ahmad Lutfi sebagai operator PPID

Selain itu untuk menjalankan SAID dan WEB desa oleh PPID maka perlu dibentuk peraturan kepala desa sebagai payung hukum atas program tersebut. Maka atas dasar tersebutlah perangkat desa Gunungsari, BPD Gunungsari dengan difasilitasi oleh mahasiswa KKN 081 Universitas Jember bersama – sama membentuk Perkades Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Pusat Pelayanan Informasi Desa yang ditandatangani pada tanggal 3 agustus 2018 di kantor balai desa Gunungsari.

Dengan kegiatan-kegiatan diatas diharapkan dapat membawa kemajuan bagi desa Gunungsari dan akses informasi mengenai desa Gunungsari dapat dengan mudah didapatkan.

Tinggalkan Balasan