Pembuatan Label Produk dan Promosi Produk

Universitas Jember melalui Lembaga Pusat Penelitian Mahasiswa (LP2M) menempatkan 10 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Gunungsari Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. Banyak sekali program yang dilakukan oleh kelompok KKN 081 ini. Salah satu diantaranya pada  bidang ekonomi yaitu pengembangan UMKM berbasis media sosial.

UMKM yang kami kembangkan yakni berupa Kerupuk Pattolah dan Rengginang Rizki , milik Ibu Muryati. UMKM ini berlokasi di Dusun Gunungsari Barat RT 018 RW 005 Desa Gunungsari. Merk “Rizki” pada Kerupuk Pattolah dan Rengginang ini berasal dari nama anak pertama dari pemilik usaha sekaligus  harapan agar nantinya usaha ini dapat memberikan rezeki bagi keluarga dan orang-orang disekitarnya. Usaha Kerupuk Pattolah dan Rengginang Rizki pertama kali digeluti pada Tahun 2007. Usaha tersebut dulunya hanya menerima pesanan dari beberapa tetangga, tetapi saat ini sudah merambah sampai ke pasar-pasar di Kabupaten Bondowoso.

Kerupuk Pattolah Rizki ini berbahan dasar Tepung Beras, sedangkan Rengginang Rizki berbahan dasar Beras Ketan. Cara pembuatan Usaha Kerupuk Pattolah dan Rengginang Rizki masih menggunakan cara yang tradisional dan sederhana berupa pres adonan kayu dan di bentuk dengan tangan. Setelah itu adonan Pattolah yang telah terbentuk dikukus dengan daun pisang dan anyaman bambu. Kemudian kerupuk Pattolah yang sudah di kukus di jemur sampai kering dan siap untuk dikemas serta dijual.

Ketika Pemilik Usaha ingin menjajakan produk Kerupuk Pattolah dan Rengginang Rizki ke Toko Besar ternyata terdapat beberapa kendala yang diterima. Kendala tersebut berupa tidak adanya Label Produk dan Perizinan P-IRT dari Dinas Kesehatan. Setelah kami (KKN 081) mengetahui kendala tersebut, akhirnya kami berinisiatif untuk membantu Ibu Muryati dalam pembuatan Label Produk, Perizinan P-IRT di Dinas Kesehatan dan Pemasaran melalui Media Sosial. Dengan adanya Program Kerja dari Mahasiswa KKN 081 Universitas Jember, saat ini usaha tersebut sudah mulai berkembang dan menunjukkan peningkatan penjualan yang signifikan.

Dengan mulai berkembangnya UMKM Pattolah dan Rengginang Rizki ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi warga desa agar menciptakan usaha-usaha baru yang nantinya dapa meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Gunungsari.

Tinggalkan Balasan